Rekomendasi Tips Aman Mengemudi Mobil Untuk Lansia

Lansia merupakan kelompok umur usia lanjut yang telah mengalami penurunan fungsi tubuh. Usia lansia sendiri dideskripsikan 60 tahun keatas. Golongan usia ini sendiri sudah tidak produktif dalam melakukan kegiatan keseharian. Golongan lanjut usia ini memiliki keterbatasan fisik mulai dari kesulitan berjalan, penglihatan hingga mengidap suatu penyakit tertentu. Hal ini tentunya memaksanya untuk berada dirumah saja dan melakukan berbagai kegiatan dasar.

Salah satu aktivitas yang tidak disarankan dilakukan oleh lansia adalah berkendara. Kegiatan berkendara merupakan kegiatan berat yang akan mempengaruhi kesehatan lansia. Kegiatan berkendara mengharuskan pengemudinya berada di balik kemudi untuk waktu yang cukup lama dengan posisi yang sama. Pengemudi juga harus responsive dan juga bisa ingat dengan jelas rute perjalanan yang harus dilewati.

Jika anda berusia lanjut dan ingin tetap berkendara ada baiknya ada memperhatikan beberapa tips aman berkendara untuk lansia berikut :

1.    Mempersiapkan diri agar tetap sehat

Sebelum berkendara, ada baiknya memahami benar tubuh anda. Bila anda merasa sistem indera anda kurang bekerja dengan baik, maka disarankan untuk tidak melakukan kegiatan mengemudi. Bila sakit pun jangan memaksakan kondisi untuk berkendara. Anda bisa menggunakan layanan car sharing untuk teman lansia berkendara.

2.    Tidak memainkan ponsel saat berkendara

Ponsel bisa menjadi distraksi kecil saat mengemudi yang akan menyita perhatian lansia. Ada baiknya saat berkendara, lansia ditemani seseorang agar tetap fokus berkendara. Bila memungkinkan, kalian bisa menggunakan layanan car sharing yang menyediakan kendaraan dengan set entertainment yang baik.

3.    Menggunakan kendaraan family friendly

Lansia sendiri mudah lelah dan pegal. Ada baiknya menggunakan kendaraan pendek dan mudah dikendarai seperti city car atau sejenis MPV. Kendaraan ini masih memungkinkan lansia mengoperasikannya. Carilah mobil car sharing yang sesuai.

4.    Ada baiknya mengemudi saat cuaca cerah

Kondisi jalanan yang basah, akan memudahkan kendaraan tergelincir dan jarak pandang menjadi pendek. Ada baiknya lansia mengemudi saat cuaca cerah untuk mendukung kegiatannya tersebut.

5.    Ada baiknya mengemudi rute dekat

Rute perjalanan jauh akan melelahkan ditempuh. Dimana tubuh lansia sendiri cenderung melemah. Maka disarankan untuk lansia mengemudikan kendaraan rute terdekat saja untuk mengurangi pegal.